5 Trik Menukar Rupiah ke Mata Uang Asing buat Liburan ke Luar Negeri. Lebih Untung dan Aman!

Bepergian ke luar negeri jadi opsi yang menyenangkan saat liburan. Sayangnya, nggak semua orang bisa jalan-jalan ke luar negeri. Selain karena mahalnya biaya yang dibutuhkan, waktunya sendiri juga harus fleksibel. Jika mungkin ada di antara kamu yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan ke luar negeri, penting banget untuk melakukan penukaran uang untuk bertransaksi.

Ulasan di bawah ini akan memberikanmu tips gimana caranya menukar uang sebelum memutuskan untuk ke luar negeri. Simak yuk!

1. Hal pertama yang harus kalian pahami adalah pelajari dulu kurs mata uang negara yang akan dituju dengan mata uang negara kalian

mempelajari kurs via www.thenational.ae

Pelajari kurs mata uang negara yang akan dituju dengan mata uang rupiah kita. Kan nggak lucu tuh, udah sampai luar negeri tapi bingung gimana perbandingan mata uang negara sendiri dengan negara tersebut.

2. Usahakan tukar uang kalian di dalam negeri daripada di luar negeri, lebih mudah!

menukar uang di dalam negeri via www.businesstimes.com.sg

Kalau kalian mengalami kesulitan berbahasa asing atau nggak lancar-lancar banget, menukar uang di dalam negeri dapat lebih membantu secara komunikasi. Apalagi jika saat itu memang sedang terjadi perubahan kurs mendadak yang nggak kalian ketahui sebelumnya.

3. Jika terpaksa menukar di luar negeri, utamakan buat menukarnya via ATM

tukar uang via ATM via mothership.sg

Saat ini, ada banyak bank dari Indonesia yang memiliki jaringan secara global atau internasional. Kemudahan ini akan memungkinkanmu untuk menukarkan mata uang asing melalui ATM walaupun saldo di ATM kalian masih berbentuk rupiah.

4. Nggak ada salahnya juga untuk menukar uang di money changer? Tapi jangan lupa cermati hal ini dulu

cermat tukar uang di money changer via www.expatica.com

Sebenarnya boleh-boleh aja kok menukar uang di money changer, tapi mending dijadikan opsi terakhir aja deh. Pasalnya, kalian harus lebih cermat untuk memilih money changer yang terpercaya dan punya lisensi resmi. Mereka akan menawarkan nilai tukar yang jelas lebih tinggi dibanding dengan money changer yang nggak berizin.

5. Perhatikan lokasi money changer berada, jangan sembarangan!

jangan tukar uang di bandara via www.economist.com

Karena menukar uang di money changer negara tujuan merupakan opsi terakhir, kamu juga harus mencermati lokasi money changer berada. Usahakan jangan menukar uang di money changer yang ada di bandara, ya. Sebab, biasanya nilai tukar rupiahnya akan lebih jatuh dibandingkan jika menukar dengan money changer di luar bandara. Selain itu, mereka kadang menerapkan biaya komisi sebesar 5-7 %. Nggak mau rugi dong kamunya~

Nah, buatmu yang ingin liburan ke luar negeri, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk juga cermat saat menukar uang, ya. Dan buatmu yang pengen ke luar negeri tapi belum kesampaian, tetap semangat, pasti ada jalan~