10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Omjebs > kesehatan > 10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru
crop woman cutting tomato on table

10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Menjaga kesehatan paru-paru merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan agar tubuh terus sehat. Namun, terdapat sejumlah faktor umum yang justru memberikan efek negatif bagi paru-paru, seperti merokok dan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup, termasuk memperhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat melindungi paru-paru serta mengurangi risiko penyakit paru.

Berikut beberapa makanan yang terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru:

1. Apel

Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel secara rutin, 5 atau lebih setiap minggunya, dapat membantu meningkatkan fungsi paru. Selain itu, mengonsumsi apel dapat mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru.

2. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, potasium, fosfor, serta selenium. Kandungan nutrisi dalam yogurt dapat meningkatkan fungsi paru dan melindungi paru dari risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

3. Kopi

Selain dapat meningkatkan energi, kandungan kafein serta antioksidan dalam kopi juga memiliki manfaat untuk melindungi paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu meningkatkan fungsi paru untuk melawan penyakit pernafasan.

4. Tomat

Tomat serta produk dengan bahan utama tomat merupakan sumber likopen, sebuah antioksidan karotenoid yang berfungsi menjaga kesehatan paru. Mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan bagi orang-orang pengidap asma dan meningkatkan fungsi paru bagi pengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

5. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dengan adanya kandungan antioksidan serta anti-inflamasinya. Senyawa aktif kurkumin dalam kunyit memiliki manfaat utama untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

6. Labu

Labu memiliki sejumlah manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Labu kaya akan karotenoid termasuk beta karoten, lutein, serta zeaksantin yang memiliki antioksidan tinggi serta anti-inflamasi.

7. Bluberi

Bluberi kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru. Selain itu, bluberi merupakan salah satu sumber senyawa antosianin, seperti malvidin, sianidin, peonidin, delfinidin, dan petunidin. Mengonsumsi minimal 2 porsi bluberi setiap minggunya dapat memperlambat penurunan fungsi paru hingga 38 persen.

READ  Ketahui Ciri-Ciri Kanker Usus Besar (Kolon)

8. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dapat meningkatkan antioksidan serta anti-inflamasi untuk menghambat fibrosis paru atau gangguan pernapasan akibat terbentuknya jaringan parut di paru.

9. Kol ungu

Kandungan antosianin pada kol ungu bermanfaat untuk mengurangi penurunan fungsi paru. Selain itu, kol juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan paru.

10. Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu melindungi paru dari kondisi pernafasan seperti asma. Minyak zaitun merupakan sumber anti-inflamasi dan antioksidan tinggi, seperti polifenol dan vitamin E yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x