5 Tips Mengatasi Perbedaan yang Terlalu Jauh dalam Hubungan

Omjebs > Bacaan > 5 Tips Mengatasi Perbedaan yang Terlalu Jauh dalam Hubungan
happy young man and woman drinking coffee near big building

5 Tips Mengatasi Perbedaan yang Terlalu Jauh dalam Hubungan

Menurut statistik, perbedaan usia rata-rata di antara pasangan umumnya sekitar 3-5 tahun. Tetapi, cinta terkadang tidak memandang usia, karena banyak juga orang yang menjalin hubungan dengan seseorang yang lebih dewasa atau bahkan lebih muda darinya. Namun, jika tidak memiliki pemahaman yang baik, hubungan dengan usia yang terpaut jauh juga bisa memicu masalah dalam hubungan tersebut.

Jadi, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perbedaan usia yang terlampau jauh dalam hubungan. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Menjelaskan Keinginan

Meskipun ini berlaku untuk semua hubungan, kesadaran akan ekspektasi pasanganmu sangat penting ketika usiamu dan pasangan terpaut usia yang jauh. Seorang pria yang lebih tua mungkin ingin pasangannya yang lebih muda melahirkan seorang anak, sementara perempuan tersebut mungkin ingin lebih fokus pada keamanan finansial.

Di awal hubungan atau selama menjalani prosesnya, usahakan untuk selalu jujur dan mendiskusikan keinginanmu pada pasangan untuk menghindari miskomunikasi.

Siap dengan Konsekuensi

Pada titik tertentu, pasangan yang menua mungkin membutuhkan perawatan kesehatan jangka panjang dan mungkin tidak lagi dapat melakukan hal-hal tertentu yang kalian berdua sukai.

Jika saat ini dirimu menjalin hubungan dengan seseorang yang usianya lebih tua, maka tanyakanlah pada dirimu, apakah dirimu akan siap dengan konsekuensi itu. Dirimu harus siap menjadi pengasuh, melepaskan aktivitas tertentu atau melakukan tugas rumah tangga tambahan.

Ketahuilah bahwa Kedewasaan Itu Relatif

Jika kamu menjalani hubungan seseorang yang jauh lebih muda dari usianmu, maka jangan memandang pasanganmu sebagai seseorang yang harus diajari atau dibentuk. Perlakukanlah ia sebagai seorang dewasa sebagaimana mestinya, karena usia itu relatif dan bukan patokan kedewasaan seseorang.

Demikian pula, jika kamu adalah orang yang lebih muda, hindari menyebut pasangan sebagai “orang tua”, yang menyiratkan bahwa pandangan mereka terlalu tradisional atau ketinggalan zaman. Usia bukanlah satu-satunya barometer kedewasaan.

READ  7 Alasan Kamu Tetap Lajang Meski Punya Kualitas Diri yang Baik

Lakukanlah Kegiatan Bersama

Sederhanakan perbedaan usia dengan berfokus pada minat bersama. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kalian berdua sukai, dan perbedaan usia pun akan lenyap.

Bertemu teman satu sama lain, atau bersosialisasi dengan generasi yang berbeda dapat merangsang dan memberdayakan kedua belah pihak. Jelajahi dunia satu sama lain dengan mencoba hal-hal baru, bertemu orang baru, dan lebih terlibat dalam kehidupan satu sama lain.

Jangan Terpaku pada Perbedaan Usia

Apa pun yang kamu lakukan dengan pasanganmu, jangan biarkan perbedaan usia di antara kalian menjadi penghalang. Sebaliknya, komunikasikan masalah secara terbuka dan jujur (terkait usia atau lainnya) dan bekerja samalah untuk menemukan solusi yang tepat. Hubungan yang penuh kasih, sehat, dan bahagia dapat bertahan dan berkembang tanpa memandang usia.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi perbedaan usia yang jauh dalam hubungan. Semoga bermanfaat.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x