Etika Melamar Pekerjaan Ke Perusahaan Dan Probability Dipanggil Interview

Omjebs > Bacaan > Etika Melamar Pekerjaan Ke Perusahaan Dan Probability Dipanggil Interview
man and woman near table

Etika Melamar Pekerjaan Ke Perusahaan Dan Probability Dipanggil Interview

Bagi yang masih mencari pekerjaan, jangan putus asa untuk melamar pekerjaan. Dalam melamar pekerjaan ada baiknya kita memperhatikan cara melamar, seperti format resume (CV), portofolio, dan cara melamar melalui email.

  1. Perbaiki CV (Resume) anda

Dalam hal melamar CV sangatlah penting, recruiter akan melihat cover anda dari CV tersebut. Sebaiknya anda membuat CV dengan format yang mudah dibaca, menampilkan profil anda secara deskriptif dan juga menuliskan CV tersebut sesuai skill yang anda miliki. Untuk mendapatkan CV(resume) yang baik saat ini sudah tersedia pembuatan CV secara online, anda dapat membuat CV di webiste ini resume.io.

2. Buat Portofolio

Jika anda sudah memilik banyak project pribadi, ada baiknya anda membuat portofolio sebagai detail dari project yang pernah anda buat. Portofolio ini menjadi salah satu penguat probalitas untuk dipanggil oleh perusahaan yang ingin merekrut. Portofolio ini dapat berupa slide yang menggambark project yang pernah anda buat.

3. Kirimlah Email yang Berkualitas ke Recruiter.

Pada dasarnya kita sering melamar pekerjaan dari email, dengan melakukan copy-paste dari Internet. Sebaiknya dalam mengirim email ke recruiter kita menggunakan kosa kata kita sendiri, sehingga menunjukkan keseriusan dalam mencari pekerjaan.

4. Mulai aktif di Media Sosial Profesional

Media online profesional yang sering kita temukan adalah LinkedIn. LinkedIn sebagai jejering sosial profesional terbesar, di sana anda akan menemukan banyak perusahaan yang mencari orang-orang berbakat. Anda sebagai pelamar pekerjaan, harus aktif di media sosial tersebut, untuk mendapatkan informasi tentang dunia kerja. Anda yang sering membagikan informasi tentang pekerjaan atau tentang bakat yang anda miliki di linkedIn, ada kemungkinan recruiter akan tertarik dengan anda.

Itu beberapa tips untuk mencari pekerjaan semoga bisa bermanfaat.