Jangan Lakukan 5 Hal ini Setelah Scaling Gigi. Selain Sia-Sia, Gigimu Malah Jadi Kotor Lagi

Omjebs > Bacaan > Jangan Lakukan 5 Hal ini Setelah Scaling Gigi. Selain Sia-Sia, Gigimu Malah Jadi Kotor Lagi

Jangan Lakukan 5 Hal ini Setelah Scaling Gigi. Selain Sia-Sia, Gigimu Malah Jadi Kotor Lagi

Sisa makanan yang mengeras bisa menimbulkan tumpukan karang pada gigi. Untuk menghilangkannya, beberapa orang memilih melakukan scaling atau pembersihan karang gigi. Namun, supaya proses scaling nggak berakhir sia-sia, ada beberapa pantangan yang nggak boleh dilakukan setelahnya. Hal ini bertujuan agar gigimu tetap bersih dan sehat.

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa pantangan yang baiknya kamu hindari setelah scaling gigi, ya!

1. Setelah scaling, baiknya jangan langsung makan terlebih dulu

jangan langsung makan via www.shape.com

Proses scaling biasanya akan menggunakan obat bius atau anestesi. Efek anestesi ini biasanya akan terasa selama beberapa jam setelah scaling berlangsung. Jika efek ini belum hilang, kamu nggak disarankan untuk makan supaya bisa mengurangi risiko tergigit.

2. Kamu dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman panas sementara waktu setelah scaling gigi

makanan panas via m.brilio.net

Proses membersihkan karang akan membuat gigi jadi lebih sensitif sementara waktu. Hal ini sebabkan oleh akar gigi yang biasanya ditutupi karang kini jadi lebih terbuka. Nah, selama menunggu proses remineralisasi ini, baiknya hindari makanan dan minuman yang terlalu panas dulu biar gigimu nggak ngilu.

3. Agar plak di gigi nggak muncul lagi, baiknya hindari makanan dan minuman yang terlalu manis

makanan manis via www.veggiesdontbite.com

Penumpukan plak biasanya terjadi karena kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Plak sendiri merupakan zat bertekstur yang mengandung bakteri dan bisa membuat karang gigi mengeras.

4. Setelah scaling, hindari makanan yang bertekstur keras dan menusuk karena gigi masih sensitif

keripik via www.tasteofhome.com

Beberapa camilan seperti keripik dan kacang goreng bisa membuat gigi ngilu. Selain itu, makanan ini juga berpotensi membuat gusi berdarah dan bengkak sebab bisa menusuk gusi. Ada baiknya hindari makanan dengan tekstur tersebut selama kurang lebih 5 hari setelah melakukan scaling.

5. Merokok juga merupakan sebuah pantangan yang wajib dihindari setelah pembersihan karang gigi

smoking via fortune.com

Seenggaknya hindari rokok selama kurang lebih 72 jam setelah scaling. Hal ini dikarenakan rokok dapat mengganggu proses penyembuhan jaringan-jaringan gusi dan menciptakan iritasi serta komplikasi. Selain itu rokok juga bisa meningkatkan risiko gigi terserang berbagai infeksi karena perkembangbiakan bakteri.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi setelah scaling di antaranya ialah sup, pisang, telur rebus, yoghurt, dan bubur. Selain mudah dicerna dan nggak menyebabkan gigi ngilu, makanan-makanan tersebut juga bantu mencegah mulut kering. Pastikan juga konsumsi air putih dengan cukup supaya tubuh tetap terhidrasi, ya!