Pulau Burung, Surganya Burung Di Banten

Omjebs > Travel > Pulau Burung, Surganya Burung Di Banten

Pulau Burung, Surganya Burung Di Banten

Kali ini mau sedikit berbagi info tentang sebuah pulau yang keren banget di Banten, Pulau burung atau lebih dikenal dengan nama pulau Dua.

Kalau melihat keadaannya sekarang sebenarnya meragukan kalau disebut sebuah pulau, karena terlihat menyatu dengan pulau Jawa.
Namun dahulu Pulau Burung benar-benar sebuah pulau tersendiri yang dibatasi selat sekitar 500meter dari Jawa. Saat ombak surut baru terlihat kedua daratan yang menyatu.
Pendangkalan pada sungai Cibintenlah yang kemudian mempengaruhi ketinggian pada daratan, sehingga akhirnya daratan pulau Burung dan Pulau Jawa menyatu.

Pulau ini dikenal sebagai pulau burung bukan karena bentuknya mirip burung tapi karena pulau ini menjadi tempat migrasi dari burung-burung dari berbagai belahan bumi utara dan selatan diantaranya dari Asia, Australia bahkan Afrika.

Pada sekitaran bulan Maret sampai Agustus burung-burung akan singgah dan berkembang biak di pulau ini, mereka berimigrasi menghindari musim dingin yang datang ke wilayah mereka.

Bila gansis bisa berkunjung pada bulan-bulan tersebut, gansis akan menemui ribuan burung dengan lebih dari 100jenis burung berkumpul di sini. Konon ribuan burung yang datang bisa mencapai 10 ribu burung, luar biasa sekali bila kita bisa melihat ribuan burung berkumpul dalam satu wilayah, terutama bagi para pecinta burung melihat berbagai jenis burung yang bisa jadi beberapa jarang atau bahkan belum pernah kita lihat.

Pulau Burung ini telah ditetapkan sebagai cagar alam, selain melindungi burung-burung yang ada seperti Bluwok, Cangak merah, kuntul kerbau, Roko-roko dan lainnya, juga ada satwa lain yang tinggal di pulau ini seperti biawak, kucing hutan dan berbagai jenis reptil.

Selain hewan, ada puluhan jenis flora/tumbuhan di Pulau Burung ini termasuk hutan mangrovenya juga sangat dijaga keasriannya.

READ  Surga Tersembunyi di Indonesia yang Sedang Viral

Rute untuk berkunjung ke Pulau Burung/ Pulau Dua ini sebenarnya sangat mudah dijangkau. Berada 30km dari pusat kota Serang, dari arah Jakarta gansis bila lewat tol Jakarta-Merak menuju serang. Selanjutnya menuju kecamatan Kasemen, Sawah luhur. Menggunakan kendaraan pribadi tentu akan lebih leluasa gansis.

Mengingat wilayah tersebut merupakan cagar alam tentu tidak sembarang untuk masuk ke dalamnya, gansis harus mengisi buku terlebih dahulu, ada juga perijinan yang harus didapatkan untuk melakukan penelitian kegiatan lain di pulau ini.

Selain melihat burung dan aneka satwa juga flora di dalamnya, pemandangan alam di pulau ini juga cakep banget, termasuk lautnya yang dihiasi gugusan karang dan beraneka ikannya. Buat gansis yang hobi memancing, bisa juga
melakukan kegiatan tersebut di pulau burung ini, ada spot yang biasa digunakan untuk para penghobi pancing.

Berkunjung bersama keluarga dan teman-teman tentu akan jadi wisata yang menyenangkan di Pulau Burung ini. Namun harus diingat, jangan merusak atau mengambil flora maupun satwa dari cagar alam ini tanpa ijin. Mengagumi alam tanpa merusak adalah tindakan terbaik.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x