Resep Getuk Lindri – Kue Tradisional Khas Jawa

Omjebs > Resep > Resep Getuk Lindri – Kue Tradisional Khas Jawa

Resep Getuk Lindri – Kue Tradisional Khas Jawa

Bisa dibilang sebagian besar dari kita sudah kenal dengan salah satu jenis kue tradisional jawa ini. Meskipun berasal dari jawa (antara antara jawa tengah atau jawa timur) namun kue getuk bisa dijumpai di berbagai daerah seluruh indonesia. Kue yang berbahan utama dari singkong ini cukup digemari oleh masyarakat indonesia, rasanya yang manis dan mengenyangkan mungkin salah satu alasannya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat getuk lindri, jangan khawatir karena ternyata pembuatan getuk ini cukup mudah. Silahkan baca saja resep kue getuk lindri yang disandur dari sajian sedap di bawah ini.

gethuk-lindri

Bahan :

  • Singkong sebanyak 1 kg , dikupas
  • Garam sebanya 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 50 gram
  • cCkelat pasta  1/4 sendok teh, (bahan ini untuk memberikan warna, bisa diganti dengan pewarna makanan jenis lain)

Bahan Taburan :

  • 1/2 butir kelapa setengah tua, diparut kasar
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  1. Kukus singkong sampai lunak dan matang.
  2. Ketika masih dalam keadaan panas, haluskan singkong dengan garpu. Tambahkan gula pasir. Aduk asal rata.
  3. Bagi menjadi dua bagian, satu bagian diberikan cokelat pasta. untuk satunya lagi dibiarkan putih.
  4. Masukkan ke dalam gilingan getuk lindri. Setelah keluar, gulung lalu potong-potong ketuk tadi dengan panjang sesuai seleramu.
  5. Membuat taburan : Kukus campuran bahan taburan (parutan kelapa, teh, daun pandan).  kemudian sajikankanlah  getuk dengan bahan taburan  yang telah dikukus tadi. Untuk bahan taburan ini terkadang ada juga yang tanpa dikukus terlebih dahulu, jadi parutan kelapa langsung ditaruh di atasnya.

Saran penyajian dari bahan-bahan di atas adalah 16 potong, namun kamu bisa menyesuaikan jumlahnya sesuai dengan seleramu, tidak ada pemaksaan. Membuat kue getuk lintrik cukup sederhana dan mudah kan? ayo silahkan dipraktekkan agar bisa membuktikan kemampuan kamu.