Resep Kue Lumpur Yang Tidak Kotor

Omjebs > Resep > Resep Kue Lumpur Yang Tidak Kotor

Resep Kue Lumpur Yang Tidak Kotor

Meskipun namanya lumpur, namun kue ini tidak terbuat dari lumpur. Bahkan kotor pun tidak. Kue lumpur termasuk dalam kategori kue basah yang sering menjadi camilan keluarga di Indonesia. Varian kue lumpur sangat banyak, namun pada umumnya kue lumpur berbentuk bula seperti kue serabi hanya dengan ukuran yang lebih mini. Kue lumpur juga memiliki taburan kismis diatas, dengan bagian tengah yang lembut dan manis di lidah.

Disebut kue lumpur karena di bagian tengah seperti belum matang sehingga menimbulkan sensasi seperti makan tanah di lidah. Inilah citarasa kue lumpur. Dalam bahasa Inggris, kue lumpur disebut sebagai mud cake. Meskipun banyak jenis kue lumpur, kali ini kita akan membahas resep kue lumpur yang paling dasar atau sederhana. Silahkan simak resep kue lumpur dari reasimasakan.blogspot.com di bawah ini.

kue-lumpur

Bahan :

  • Margarin sebanyak 75 gram
  • Tepung terigu dengan protein sedang sebanyak 175 gram
  • Gula pasir sebanyak 100 gram
  • Kentang yang dikukus dan dihaluskan sebanyak 220 gram (menjadi total 200 gram setelahnya)
  • Telur sebanyak 5 butir
  • Santan kental dari satu buah kelapa sebanyak 375 ml
  • Air sebanyak 200 ml
  • Vanili sebanyak ¾ sendok teh
  • Garam halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Kismis sebanyak 50 gram

Cara Membuat :

  1. Campurkan margarin dengan air, lalu panaskan hingga mendidih. Setelah itu masukkan tepung terigu, vanili, gula, garam dan kentang. Aduk terus hingga adonannya menjadi kalis atau tidak lengket di panci. Setelah itu angkat lalu dinginkan.
  2. Tambahkan telur satu persatu sambil terus diaduk hingga merata. Setelah itu tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil adonan terus dikocok.
  3. Sementara itu panaskan cetakan yang sebelumnya telah diolesi dengan margarin. Setelah adonan tercampur sempurna, masukkan adonan ke dalam cetakan. Tiap cetakan isi dengan ¾ adonan saja setelah itu tutup. Panggang terus hingga setengah matang.
  4. Setelah cukup setengah matang, yakni bagian atasnya masih lembek, tambahkan kismis diatasnya lalu tutup lagi hingga matang.
  5. Lakukan langkah tersebut diatas hingga semua adonan kue lumpur yang anda buat telah habis. Resep ini seharusnya dapat menghasilkan 16 buah kue lumpur untuk anda nikmati bersama keluarga.
READ  Tips Supaya Wajan Teflon Tetap Awet & Cara Tepat Mencucinya

Nah, cukup mudah bukan pembuatannya? Resep ini dapat anda kreasikan dengan isian yang lain selain kismis. Semoga bermanfaat.