Website Stock Foto/Video Yang Dapat Anda Gunakan Secara Gratis Tanpa Hak Cipta

Omjebs > Bacaan > Website Stock Foto/Video Yang Dapat Anda Gunakan Secara Gratis Tanpa Hak Cipta

Website Stock Foto/Video Yang Dapat Anda Gunakan Secara Gratis Tanpa Hak Cipta

Blogger / Vlogger sangat memerlukan gambar atau video untuk cover content, karena element yang sangat penting dalam memasukkan foto atau video pada content mereka, sehingga menarik perhatian para pengunjug serta dapat juga meningkat SEO. Kadang saat memilih foto atau video kita tinggal ambil dari Internet saja,tanpa ada ijin dari pemiliknya.

Hal ini sanga dilarang karena anda bisa dituntut oleh pemilik property tersebut. Namun bagaimana cara mendapatkan foto/video yang bagus yang bebas dari hak cipta?

Di internet sendiri sudah banyak website yang menawarkan stock photography secara cuma-cuma. Kebanyakan foto-foto di website ini menggunakan lisensi Creative Commons. Apa itu?

Creative Commons adalah organisasi nirlaba atau organisasi non-profit yang menyediakan lisensi alternatif untuk hak cipta. Lisensi Creative Commons memungkinkan individu untuk memilih bagaimana mereka menginginkan konten mereka digunakan kembali, diedit, atau didistribusikan ulang. Lisensi yang sering digunakan untuk stock photo adalah lisensi Creative Commons CC0 yang berarti Anda bebas menggunakan foto tersebut baik untuk tujuan komersial ataupun non-komersial.

Berikut akan kita bahas beberap website penyedia stok foto/video yang bebas kita gunakan untuk keperluan pribadi atau komersil.

Pexels

Foto-foto ini dipilih dengan hati-hati dari berbagai sumber gambar gratis untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik.

Semua foto/video yang ada di website ini ada di bawah lisensi Creative Commons Zero, yang berarti gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial tanpa memerlukan atribusi dan Anda tidak perlu meminta izin dari pemilik foto tersebut. Selain itu berkat fungsi pencariannya, mencari foto yang tepat untuk proyek Anda berikutnya menjadi sangat mudah.

FoodiesFeed

Bagi Anda para food blogger atau pemilik bisnis makanan, website yang satu ini mungkin bisa dapat membantu Anda.

Di website ini, fotografer makanan dari seluruh dunia berbagi foto mereka untuk mencapai tujuan Foodiesfeed, yaitu untuk membuat sebuah ruang online yang menyediakan foto-foto makanan yang lebih indah. Semua gambar di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0). Dengan lisensi ini, Anda bebas menggunakan foto-foto ini tanpa harus member credits dan atribusi kepada fotografer aslinya.

Pixabay

Pixabay berfungsi sebagai repositori untuk berbagai foto/video berkualitas yang dirilis di bawah lisensi Creative Commons CC0 ke dalam domain publik. Situs ini bersih dan intuitif, sehingga mudah menavigasi jalan Anda melalui foto, vektor, dan ilustrasi gratis.

Kolom penelusuran utama memungkinkan Anda memfilter permintaan berdasarkan faktor seperti jenis media, orientasi, warna, dan dimensi minimum gambar yang Anda inginkan.

LapakFoto

Dari namanya mungkin ini merupakan karya anak bangsa. website ini menyediakan lebih dari 5000 foto yang bebas digunakan.

Banyak foto dinasa bernuansa Indonesia, seperti alam indonesia. Jadi ketika anda memiliki content seperti traveling, cocok banget untuk memilih foto dari lapakfoto tersebut.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x